,

Mengapa Harus Baja Ringan


Alasan mendasar sebenarnya kenapa sih harus menggunakan baja ringan atau rangka baja ringan? Pada saat ini, rangka baja ringan untuk atap rumah mulai banyak di gunakan. Walaupun belum umum digunakan di rumah pribadi, namun untuk beberapa rumah atau gedung gedung sekolah sudah banyak yang beralih dari rangka atap kayu ke rangka atap baja ringan. Di karenakan lebih mudah dan praktisnya rangka atap baja ringan di banding rangka atap lainnya termasuk kayu.

Informasi mengenai baja ringan ini, masih sangat sedikit di ketahui orang banyak, ini membuat banyak masyarakat indonesia masih enggan memakai baja ringan. Nyatanya baja ringan ini sangat cocok di gunakan di daerah rawan gempa seperti Indonesia, untuk itu masyarakat indonesia harusnya lebih mengetahui kelebihan baja ringan dibandingkan kayu untuk digunakan sebagai rangka atap rumah.

Beberapa kelebihan baja ringan dibandingkan kayu sebagai rangka atap rumah.

  1. Tahan serangan rayap, membuat lebih awet dan tahan lama dibandingkan kayu
  2. Struktur baja ringan sesuai dengan namanya, yakni lebih ringan dibandingkan kayu atau bahan lainnya, sehingga lebih dapat mempermudah pekerjaan dan melindungi para pekerja.
  3. Baja ringan tidak mudah lapuk, ini akan menghemat banyak uang, terutama dalam segi biaya perawatan bangunan  kedepan nya.
  4. Harga lebih murah dibandingkan dengan bahan kayu.
  5. Baja ringan juga tahan akan api, sehingga tidak akan memicu kebakaran, dan juga tidak akan menyebarkan kebakaran.

Sedangkan beberapa kekurangan dari baja ringan adalah rangka atap dari baja ini berupa batangan yang harus diperhatikan adalah perhitungan jumlah baja ringan, jika salah menghitung maka rangka atap akan berlubang, atau tidak tertutup sempurna. Kekurangan lainnya adalah dalam cara memasang rangka atap baja ringan, membutuhkan seseorang yang ahli dalam memasang rangka dari baja. Jika salah, maka rangka  atap baja ringan tidak akan bertahan lama dengan baik.
Cara menggunakan konstruksi atap  baja ringan:  ketika kita mencoba memasang rangka atap dari baja ringan sudah sepatutnya membutuhkan perhitungan khusus agar tepat dan pas untuk rangka rumah, jika salah perhitungan sedikit saja, maka rangka atap tidak akan berdiri dengan baik. Sedangkan untuk bagian genteng baiknya tidak menggunakan genteng yang terbuat dari bahan tanah liat.  Supaya tidak terlalu membebani atap, gunakan saja genteng yang terbuat dari bahan metal.

Sekian artikel mengapa harus baja ringan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

Salam HK METALS
www.hkmetals.co.id

,

Baja Ringan dan Kayu

Hasil gambar untuk baja ringan dan kayu

Mengapa rangka atap baja ringan harus dibandingkan dengan rangka atap kayu? Kedua nya adalah yang paling populer dalam penggunaaan untuk rangka atap. Bahan dasar kayu sendiri sudah sedari dulu digunakan dalam penggunaan kontruksi rumah, bisa dibilang bahan dasar kayu adalah yang paling diminati. Tapi kemunculan baja ringan sedikit membuat kayu mulai ada persaingan.

Dalam dunia konstruksi, keakuratan pekerjaan adalah hal yang sangat mutlak. Hal tersebut melibatkan standard keamanan, kesehatan, keselamatan (K3), memenuhi persyaratan kode bangunan dan prosedur-prosedur penting lainnya. Merujuk dari hal ini, maka penggunaan baja ringan adalah hal yang tepat.

Baja Ringan sering digunakan di bangunan komersial seperti kantor dll.
Pertanyannya adalah kenapa?  Baja ringan memiliki keunggulan lebih awet & lebih kuat dibandingkan kayu sehingga dapat memberikan keamanan yang lebih diinginkan oleh pihak konsumen. Sementara kayu lebih sering digunakan untuk rumah tinggal.

-RANGKA ATAP KAYU
Sebelum illegal logging makin gencar dilakukan, harga kayu justru lebih murah daripada baja ringan. Tapi, karena pembakaran hutan dan semakin gencarnya illegal logging, bahan dasar kayu semakin sulit didapatkan hingga menyebabkan penumpukan demind kayu tapi tidak diikuti dengan supply kayu yang memadai hingga menyebabkan harga kayu melonjak naik dan membuat masyarakat lebih memilih baja ringan. Lepas dari hal tersebut, sebenarnya kelebihan dari kayu cukup banyak. Salah satunya adalah balok kayu lebih tahan api daripada balok baja tanpa proteksi/perlindungan, dimana kayu tidak akan terbakar sebelum suhu panas mencapai 250 derajat. Ada kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan dari unsur kayu adalah rangka atap kayu utamanya dalam hal kestabilan bentuk. Kayu mudah melengkung, beresiko terhadap kerusakan rangka atap, daN bahkan keruntuhan. Selain itu, kayu yang tanpa proteksi dapat dengan mudah membusuk akibat perubahan cuaca dan serangan rayap.

-RANGKA ATAP BAJA RINGAN
Baja ringan memiliki ukuran bentangan yang lebih panjang daripada kayu dan dapat diproduksi dengan ukuran standard. Selain itu bobotnya yang ringan memberikan keuntungan dalam hal distribusi, lebih cepat daripada distribusi kayu. Baja ringan lebih tahan api daripada kayu, baja ringan hampir tidak memiliki nilai muai dan susut serta tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan serangga. Jika dihitung secara ekonomis, pemilihan rangka atap baja ringan serupa dengan proyek investasi jangka panjang, harga baja ringan saat ini lebih murah daripada kayu dan tidak dibutuhkan biaya perawatan yang tinggi, karena baja ringan minim perawatan dan pastinya tahan lama. Namun suatu barang yang mempunyai kelebihan pasti juga memiliki setidaknya kelemahan. Kelemahan dari rangka atap baja ringan adalah hal insulasi panas dan transmisi suara, dan jika kulit luar baja ringan tergores akan berpengaruh terhadap kekuatan anti karat dari baja ringan.
Pada dasarnya, memilih rangka atap haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dasar. Pada wilayah yang beriklim lembab, rangka atap kayu lebih baik. Sedangkan untuk kebutuhan komersial, rangka atap baja ringan adalah pilihan yang tepat. Namun khusus di Indonesia, dimana pembalakan hutan yang liar sudah makin menjadi-jadi, rangka atap baja ringan merupakan alternatif terbaik.

 

 

PUBLISHED BY

http://hkmetals.co.id/

Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Cara pemasangan rangka atap baja ringan

Untuk mendapatkan rumah yang cepat dan tidak terlalu lama dibutuhkan berbagai cara agar hasilnya dapat berjalan dengan baik. Rumah yang tahan lama tidak hanya dilihat dari segi atap, tapi dapat dilihat dari tiang yang digunakan. Besi wf, dapat digunakan untuk berbagai pilihan untuk memperkokoh rumah dan membuat kolam. Sebelum kita membahas panjang lebar mengenai besi wf. Anda harus membaca artikel di bawah ini yang berkaitan dengan langkah-langkah memasang atap baja ringan agar tahan lama. Untuk mengetahui langkah-langkah memasang atap baja ringan apa saja, berikut ini penjelasannya:

Membuat perencanaan memasang atap baja ringan

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang atap baja ringan, langkah pertama agar atap tahan lama adalah membuat perencanaan. Membuat perencanaan dalam memasang atap baja ringan merupakan penting agar nantinya pemasangan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Tanpa membuat perencanaan, tentunya dapat membuat pemasangan tidak sesuai dan akibatnya roboh. Hal ini dapat terjadi dikarenakan tidak ada perencanaan yang matang dalam pemasangan. Untuk itu, rencanakan dengan baik apa saja yang harus Anda lakukan dan dibutuhkan dalam memasang atap baja ringan.

Mencari tukang yang ahli dalam memasang atap baja ringan

Tidak semua tukang bangunan dapat memasang rangka atap baja dengan baik. Pemasangan rangka atap baja ringan tidak semudah menggunakan kayu. Menggunakan atap baja ringan diperlukan keahlian dalam penghitunga dan pemasangan. Jika tukang yang dipilih tidak dapat menghitung panjang besi baja, secara tepat, tentunya atap tidak dapat bertahan lama. Oleh karena itu, dalam memasanga atap baja ringan dibutuhkan orang yang ahli. Langkah kedua yang harus Anda lakukan setelah membuat rencana adalah mencari tukang yang ahli dalam pemasangan baja ringan. Memasang atap baja ringan dengan dilakukan oleh orang yang ahli, tentunya hasilnya berkualitas dan bagus.

Membuat pola gambar

Membuat pola gambar menjadi langkah selanjutnya yang harus Anda persiapkan, gambar telebih dahulu bagaiman detai dari setiap posisi besi. Dengan Anda mengetahui secara detail setiap posisi, maka atap baja ringan akan tahan lama. Buat sebagus dan serapi mungkin pola gambar, sesuaikan dengan ukuran yang dinginkan. Pola gambar, menjadi contoh yang harus Anda lakukan setelah terjun untuk memasang atap baja ringan.

Memilih ukuran besi baja

Memasang atap baja ringan agar tahan lama tentunya harus disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Cari ukuran besi baja yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar hasilnya lebih baik dan tidak membuat tukang merasa kesulitan. Ukurang yang tidak tepat, tentunya menjadi salah satu dampak yang dapat membuat bangunan tidak seimbang sehingga bangunan akan mengalami roboh. Oleh karena itu, setiap ukurang besi harus sesuai dengan ukurang yang benar. Maksudnya tidak terlalu pendek dan terlalu panjang. Setelah Anda mendapatkan ukuran besi baja, Anda harus mengetahui harga atap baja ringan.

Mencari genteng penutup

Setelah semua bagian atap baja ringan telah jadi, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mencari genteng penutup. Menggunakan atap baja ringan dapat menggunakan berbagai jenis genteng penutup. Namun, untuk membuat besi atap baja ringan tidak terlalu berat memikul atap, sebaiknya gunakan genteng yang lebih ringan salah satunya genteng metal. Selain menggunakan genteng metal bebannya lebih enteng, genteng metal juga dapat menghemat waktu dan tenaga dalam pemasangan.

Jika Anda dapat mencari orang-orang yang ahli untuk memasang atap baja ringan, maka ini dapat membuat bagunan tahan lama.

Semoga bermanfaat artikel memasang atap baja ringan

Salam HK METALS

 

Apa Perbedaan Baja Ringan Zincalume, Galvalume dan Galvanis?

Apa Perbedaan Baja Ringan Zincalume, Galvalume dan Galvanis?

 

Galvalume, Zincalume dan Galvanis sebenarnya apa sih beda ketiganya? ya, seringkali konsumen yang baru mengenal material baja ringan menanyakan hal ini. Seringkali pula Aplikator Baja Ringan tempat mereka bertanya tidak menjelaskannya secara menyeluruh. Sehingga terjadi kerancuan dalam pengguanaan ketiga istilah kata tersebut.

 

Baja Ringan Galvanis

 

Kami mulai dari istilah Galvanisasi dari beberapa referensi yang didapatkan menyebutkan bahwa Galvanisasi adalah  proses aplikasi pelapisan seng pelindung pada baja (sebagian referensi menyebutkan Galvanis adalah istilah untuk baja ringan yang diberi lapisan seng (zinc). Untuk galvanis finishingnya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zink dan 2% adalah unsur alumunium).

 

Lapisan tersebut ditujukan untuk mencegah korosi galvanik berkarat dan. Istilah tersebut diambil dari nama seorang ilmuwan berkebangsaan Italia Luigi Galvani.

 

Metode galvanisasi ini sudah dilakukan sejak abad ke 19, dan dipatenkan di Paris oleh Stanislas Sorel di tahun 1837

 

Galvanisasi dengan produk akhirnya yang sering disebut sebagai Galvanis, melibatkan proses elektrodeposisi dan elektrokimia, metode yang paling lazim digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi, dimana bagian-bagian baja direndam dalam bak seng cair.

 

Meskipun telah dilakukan proses pelapisan zinc pada baja (galvanis) tersebut, pada tempo 1 tahun biasanya akan tetap timbul karat.

 

Baja Ringan ZINCALUME® dan GALVALUME®

 

Sementara kemudian apa yang Bedanya Galvanis, dengan Zincalume dan Galvalume? Galvalum merujuk pada material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc, terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon.

 

Material Baja Ringan Galvalume inilah yang popular dengan sebutan ZINCALUME®, salah satu merek dagang Bluescope Steel Ltd, Perusahaan pioneer produsen baja ringandengan lapisan Zinc dan Aluminium.

 

Sifat Aluminium yang tahan karat dikombinasikan dengan Zinc yang keras menjadikan kombinasi dari kedua bahan tersebut lebih tahan karat, kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan Galvanis. Bahkan beberapa referensi menyatakan bahwa Baja Ringan ZINCALUME® memiliki ketahanan karat/korosi mencapai 4 kali lipat dibanding baja berlapis Galvanis.

 

sekian artikel “Apa Perbedaan Baja Ringan Zincalume, Galvalume dan Galvanis?”dari kami semoga menambah wawasan kita semua

salam sejahtera

 

 

Terciptanya Sejarah Penemuan Baja Ringan

Sejarah Penemuan Baja Ringan

Logam Menyertai umat manusia sejak usia kuno, dan baja, jika kita mulai mengikutinya dari saat bentuk Damaskus yang historis terkenal – untuk beberapa ribu tahun.

 

Dari era produksi skala kecil pengrajin seperti bentuk saat ini produksi massal industri, baja telah mencakup jalur rumit dilapisi dengan inovasi yang signifikan dalam proses produksi, pengembangan jangkauan dan kualitas produk, dan produktivitas terus-menerus berkembang dari tenaga kerja, meningkatkan ekonomi dan beban ekologis. Selain itu, perubahan radikal dalam hubungan dengan pelanggan adalah terjadi pada akhir abad ini, yaitu dengan pergeseran diucapkan kesiapan terhadap kebutuhan dan persyaratan dari pelanggan ini.

 

Signifikansi terbantahkan baja dikonfirmasi oleh fakta bahwa hal itu telah menjadi kedua komoditas yang paling diproduksi secara massal setelah produksi semen, mencapai volume produksi di seluruh dunia sekitar. 750 mil ton per tahun.

 

Seni produksi besi dari bijih timbul sehubungan dengan praktek tembaga dan teknologi memimpin dalam Anatolya, di Suriah utara dan mungkin juga di bagian Iran. Bijih besi ditambahkan sebagai fluks untuk pengobatan bijih tembaga sulfida. Besi tetes, dimana produsen lokal diidentifikasi sudah 3000 tahun SM, membandingkan ini dengan besi meteor, sudah mengisyaratkan adanya kemungkinan memproduksi besi, tapi ini hanya terjadi hampir 15 abad kemudian. Sejak saat itu, perlu untuk memperhitungkan bahwa hanya sejumlah kecil ini, pada waktu itu, logam langka yang didedikasikan untuk strata tertinggi penduduk atau ke penguasa dan pengadilan mereka bisa keluar dari daerah ini, kemungkinan besar sebagai hadiah saja.

 

Kejadian pertama dari sebuah objek besi di wilayah kami di wilayah Slowakia tanggal kembali ke abad ke-15 SM, yaitu pada Zaman Perunggu. Ini adalah gagang keris. Kejadian pertama di Bohemia tanggal kembali ke abad ke-12 SM. Produksi besi sangat primitif di processory peralatan tertua – tungku terbuka sederhana dengan blower – muncul di sekitar setengah terakhir dari milenium SM lalu. Potongan besi yang diperoleh dengan reduksi besi ditempa. Dalam era Great Moravian Empire, yaitu sekitar abad ke-9 Masehi, alat untuk kerja kayu, cangkul, sekop, sabit, sabit, dan saham – approx. 100 produk besi total – yang sudah dibuat.

 

Proses lokasi produksi besi di dasar bahan baku mulai direalisasikan di 10 untuk abad ke-13. Metalurgi adalah komponen kunci dalam sistem pengerjaan dari awal Abad Pertengahan dan sudah saat ini kemajuan dalam banyak bidang ekonomi mulai bergantung padanya. Approx. 250 karya besi ada di 13 ke abad ke-16 di Bohemia. Pada saat itu, organisasi, ekonomi dan perdagangan besi mungkin sudah dibicarakan, dan ini juga merupakan era besi-pabrik datang menjadi ada. Grosir besi, yang disebut pandai besi, sudah muncul. Di negara-negara Ceko, karya-karya besi berada di bawah kendali otoritas pertambangan. Lembaga karya besi dan besi-pabrik diizinkan hanya oleh otoritas pertambangan yang lebih tinggi dan tidak seperti industri tekstil sudah berkembang, pembuatan besi adalah untuk waktu yang lama diikat dengan banyak keterbatasan yang menghambat perkembangannya. Pembuatan besi di blast furnace membawa kita untuk likuidasi metalurgi besi tua dan bangunan karya besi tanur baru. Ini kemudian dibandingkan dengan Jerman, Perancis dan Inggris di mana awal produksi blast-furnace dimasukkan ke dalam paruh pertama abad ke-15. Pada paruh pertama abad ke-19, rolling mills dibuka. Ditempa besi – sebagian juga pendahulu baja hari ini – diproduksi dengan menembakkan di perapian dan kemudian dirawat di besi-pabrik. Pegangan besi-pabrik yang paling luas. Selama revolusi industri, semua penemuan teknis berkontribusi terhadap perubahan-over dari pembuatan besi untuk produksi massal dipindahkan secara bertahap dari Inggris ke benua Eropa. Tingkat lebih cepat dari pergeseran ini terjadi di paruh kedua abad ke-19. Coke mulai digunakan di blast furnace, ledakan-udara dipanaskan dan blower uap-mekanik menjadi unit mengemudi di tungku penyulingan. Mesin uap mulai mendorong rolling mills. The rolling mills diganti sebelumnya digunakan penempaan melelahkan batang dan piring. Baja wadah untuk produksi instrumen dikembangkan. Disebut besi ringan diproduksi baik dalam tungku penyulingan dan oleh apa yang disebut pelumpuran, yang merupakan proses yang paling melelahkan semua. Menggunakan proses pelumpuran, itu sudah mungkin untuk menghasilkan disebut besi keras, yaitu baja. Proses wadah diaktifkan mengatasi hanya dengan mencair baja di kandungan karbon yang lebih tinggi yang memiliki titik leleh lebih rendah. Pada tahun 1855, paten untuk besi pemurnian babi di converter diterapkan untuk. Proses ini, disebut proses Bessemer, itu jauh lebih produktif daripada proses lainnya dan dilakukan dalam apa yang disebut konverter, dan didasarkan pada udara meniup ke dalam bak logam. Pada tahun 1860, sudah 40 besi karya di dunia menggunakan proses ini. Ketika metode regeneratif pemanasan telah dipatenkan oleh Siemens, hanya ada satu langkah kecil untuk membangun pertama tungku perapian 2-ton di Perancis dalam kombinasi dengan regenerator udara Siemens. Proses ini, disebut proses Siemens-Martin, sudah berhasil juga mencair memo, dan cara untuk baja produksi massal telah dibuka. Pada tahun 1864, yang disebut Thomas proses produksi baja cocok untuk besi pemurnian dengan konten fosfor tinggi dimasukkan ke dalam operasi. Proses-proses ini adalah, sebagai lawan proses perapian yang produknya adalah besi tempa, bernama proses baja cor.

 

Rolling mill pertama digerakkan dengan mesin uap dibangun di Inggris pada tahun 1783. Yang pertama memuaskan pabrik yang universal berdiri dibangun pada tahun 1848, yang memiliki horisontal maupun vertikal gulungan mampu menggelar produk datar dengan tepi yang tepat. Selain itu, kalibrasi gulungan dikembangkan dan menjadi mungkin untuk roll sudut dan bagian, dan rel datar bawah.

 

Pabrik batang kawat terus menerus telah dipatenkan pada tahun 1862, dan 2 tahun kemudian rolling mill tiga tinggi untuk bergulir piring untuk pembangunan kapal.

 

Pada tahun-tahun krisis ekonomi 1873-1879, konsentrasi ditandai produksi terjadi di wilayah Bohemia dengan dua pusat: daerah Ostrava dan wilayah Tengah-Bohemian. Dari 1875-1880, transfer lebih jelas dari produksi pig iron mendukung wilayah Ostrava terjadi.

 

Pada akhir abad ke-19, kami adalah saksi dari pengaturan dari kartel yang bertujuan biasanya untuk berdiri melawan kompetisi. Konsentrasi ditandai mereka terjadi dengan karakter massa peningkatan produksi. Banyak tanaman non-menguntungkan di Bohemia dihapuskan pada pergantian abad ke-19 dan ke-20. Pembuatan Prazska zelezárská dikendalikan besi di Bohemia, Vítkovické zelezárny di Moravia dan Banska sebuah Spolecnost hutní di Silesia. Saham di bank memainkan peran besar di sini. Produksi tanur terkonsentrasi di Vítkovice, Trinec, Kladno, dan Králuv Dvur. Perusahaan saham gabungan Mannesmanngesellschaft didirikan pada tahun 1887 di Chomutov mana pabrik Pilger untuk rolling tabung mulus menggunakan teknologi cukup baru dipasang pada tahun 1890 sebagai yang pertama di dunia.

 

Pengembangan produksi metalurgi di Bohemia juga terus antara kedua Perang Dunia.

 

Setelah Perang Dunia ke-2, yang tersebut di atas empat daerah produksi metalurgi dan perusahaan mereka terus mendominasi.

 

Periode setelah tahun 1948 bisa disebut periode perkembangan yang luas. Pada tahun-tahun pertama, pengembangan produksi baja tidak berbeda dari yang di negara-negara industri lainnya. Kecenderungan untuk membuat Republik Cekoslowakia menempa dari Blok Timur meluncurkan tindakan besar, dan perusahaan baru muncul di wilayah Moravia dan Slovakia. Di wilayah Ostrava, besi dan baja terpadu bekerja pondok Nová produk yang dihasilkan panjang, strip panas, tabung dan produk rekayasa untuk industri otomotif, bersama dengan perusahaan Válcovny TRUB di Veseli nad Moravou dengan produksi tabung. Di Slovakia, besi dan baja terpadu bekerja Východoslovenské zelezárny, utamanya program produksi diarahkan ke produk datar, tabung dilas dan produksi panel pemanasan sentral. Perusahaan Oravské feroslitinárské Zavody di Istebné dan Široká diarahkan untuk produksi ferroalloys.

 

Besi dan baja metalurgi mempekerjakan hampir 170.000 orang dan menghasilkan 15,8 juta ton baja pada tahun rekor produksi tahun 1988. Sebagai konsekuensi dari investasi dalam pertumbuhan kapasitas produksi dan volume, tidak berarti tetap untuk modernisasi peralatan produksi dan restructuralisation teknologi dan jangkauan produk. Akibatnya, tingkat teknis-ekonomi terbelakang secara keseluruhan.

 

Namun demikian, ereksi beberapa peralatan progresif disadari, seperti / pabrik bagian cahaya menengah di pondok Nová, dan secara bertahap, bahkan ketika sangat lambat, juga peralatan untuk pengecoran kontinyu baja, metalurgi sekunder, dan teknologi pembuatan baja progresif – produksi baja oksigen konverter. Setelah tahun 1989, penurunan pengembangan pembuatan baja kami dari tren dan bentuk pembangunan pembuatan baja di negara-negara Eropa Barat yang muncul setelah krisis minyak bumi, yaitu pada tahun tujuh puluhan, menunjukkan dalam keadaan telanjang penuh masalah jangka panjang dari pandangan hari ini.

Pengertian Baja Ringan Dan Alasan Memilih Baja Ringan

baja ringan

Baja ringan adalah baja yang berkualitas tinggi dan ringan, namun  kekuatan baja tersebut tidak kalah dengan baja konvensional. Ketebalan pada baja ringan ditentukan oleh fungsinya. Penggunaan rangka baja ringan belum polpuler di Indonesia. Sehingga banyak masyarakat Indonesia yang enggan untuk menggunakan rangka atap baja ringan ini. Padahal sebenarnya, rangka ini sangat cocok untuk digunakan di wilayah Indonesia yang cenderung rawan terjadinya gempa.

Berikut alasan uitama yang perlu anda ketahui ketika akan menggunakan rangka atap baja ringan.

 

  1. Rangka baja ringan tidak dimakan rayap. Saat ini sangat jarang sekali orang yang menggunakan kayu jati sebagai rangka atap. Untuk itu, pemilihan rangka baja ringan adalah hal yang mutlak jika anda ingin rangka atap anda memiliki usia yang lebih awet.

 

  1. Baja ringan akan mempercepat durasi pengerjaan suatu bangunan. Baja ringan yang sudah siap pasang tentu akan menghemat waktu pengerjaan berbagai proyek bangunan.

 

  1. Struktur baja ringan tentunya akan lebih ringan jika digunakan sebagai rangka atap rumah dibanding dengan penggunaan kayu. Hal ini akan mempermudah pengerjaan serta keamanan para pekerja lebih terjamin.
  2. Baja ringan akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan. Baja ringan yang sudah siap pasang tentunya akan banyak menghemat waktu pengerjaan berbagai proyek bangunan yang anda kerjakan. Bahkan sebuah rumah dengan type 36 bisa diseslesaikan dalam waktu kurang lebih 1 minggu dengan menggunakan rangka baja ringan.
  3. Rangka baja ringan hemat biaya. Baja ringan tidak mudah lapuk. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa Anda hemat dengan fitur baja ringan ini terutama dalam segi biaya perawatan bangunan anda kedepanya.
  4. Rangka baja ringan memiliki struktur atau material yang bisa disesuaikan dengan keadaan geografis sebuah daerah. Misalkan bangunan Anda berada di pinggir laut atau pantai, maka rangka baja ringan yang anda gunakan akan dilapisi dengan bahan tertentu yang akan menyesuaikan dengan kontur wilayah pantai ( tidak mudah berkarat tentunya ). Apakah material kayu anda memiliki kelebihan ini? saya rasa belum
  5. Untuk menjaga lingkungan. Seperti yang kita tahu bahwa hutan di Indonesia tidak sehijau dahulu kala akibat pembalakan liar. Oleh karena itu dengan kita menggunakan atap baja ringan itu sama saja ikut menjaga lingkungan kita yang sudah terlanjur rusak tidak menjadi lebih parah lagi.

HYAMN GROUP

http://taluxaluminium.com

http://dantoolteknik.com/

Kekuatan Si kecil ( bor mini ) yang Mengagumkan

bor mini

bor-miniJangan sekali – kali  meremehkan sesuatu yang kecil. Buktinya bor yang diklaim terkecil di dunia ini dapat melubangi benda yang terbilang cukup keras, terlepas apa ini berguna atau tidak tapi ini lah sebuah mesin bor ( drill ) terkecil didunia yang pernah ada sampai saat ini dengan ukuran yang tidak lebih dari ibu jari anda. Bor ini benar benar bisa bekerja seperti bor sungguhan, Alat bor ini dirancang oleh pria muda asal New Zealand, Lance Abernethy, dan dibangun menggunakan printer 3D. Bor ini hanya berukuran 17mm (tinggi), 7,5mm (lebar) dan 13mm (panjang). Lebih besar sedikt dari sebuah peniti berukuran sedang.

Suatu hari, Lance Abernethy memutuskan untuk membuat bor terkecil di dunia. Dia menggunakan konsep bor yang normal sebagai referensi untuk membuat bor yang lebih kecil. Setelah itu Lance mulai mencetak casing plastik untuk bor tersebut. Bor tersebut harus didukung dengan baterai untuk berputar dengan kencang agar bisa melubangi sebuah benda. Selain itu bor tersebut juga memiliki tombol kecil, dan motor miniatur. “Saya selalu menyukai hal-hal kecil dan telah menciptakan benda-benda kecil karena aku masih kecil,” katanya kepada 3DPrint.com.

Tahap terakhir yang dilakukan Lance Abernethy saat membuat teknologi terbaru itu adalah menghubungkan komponen dengan kabel bekasheadphone menggunakan solder. “Kabel tersebut lantas putus ketika saya mencoba untuk menghubungkan mereka dan itu adalah mimpi buruk. Kemudian saya berusaha untuk menahannya agat tidak terlepas,” beber Lance.

Bor ini juga di lengkapi dengan pengait dan sebuah tempat yang menjadikannya sebuah gantungan kunci. Bila anda berminat anda bisa menebusnya dengan harga € 85 atau setara dengan sekitar Rp 1.250.000 ya cukup mahal untuk sebuah bor mini yang di jadikan sebagai gantungan kunci.

PT Dantool Karya Teknik Utama (DKT) merupakan bagian dari HYAMN GROUP, perusahaan nasional Indonesia yang menawarkan solusi kebutuhan bahan bangunan untuk menunjang pembangunan di Indonesia. Kami memiliki jaringan distribusi bahan bangunan dan alat-alat teknik yang terbesar di seluruh Indonesia dan memberi nilai tambah bagi stakeholders. Merupakan Dealer resmi produk Makita, Maktec, dan Lakon

Website : http://taluxaluminium.com

Holding Company

Hyamn Grup

http://hyamn.com/

10 Alasan Tangga Baik Untuk Kesehatan

tangga kesehatan

Pada zaman era modernisasi ini, orang lebih suka melakukan sesuatu yang praktis dan tidak terlalu memeras keringat dan tenaga.

Ketika pergi ke suatu tempat yang dekat, seringkali kita malas untuk jalan kaki dan memilih menaiki kendaraan motor  atau mobil. Karena itu, sebagian dari kita lebih memilih menuju lift atau tangga berjalan ketimbang tangga manual. Alasan selain mengejar waktu, tentu karena tidak mau berlelah-lelah ria. Padahal aktivitas seperti itu bisa menjadi alternatif olahraga bagi kita.

Sebagaimana kita tahu, olahraga merupakan salah-satu hal yang vital dalam hidup atau kesehatan manusia. Olahraga bisa membuat kondisi kita tetap bugar, fokus serta terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Tak perlu yang mahal-mahal. Cukup jalan kaki tiap hari, lari, jogging, dsb. Atau seperti yang kita singgung sebelumnya; menggunakan tangga manual. Nah berikut ini 10 alasan utama kenapa tangga sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan.

  1. Dapat meningkatkan Stamina
    “Olahraga” dengan menaiki tangga bisa meningkatkan tenaga dan stamina. Jika dilakukan tiap hari, tentu hal itu bisa jadi kebiasaan. Tubuh akan terasa lebih energik, bugar dan kuat.
    images
  2. Dapat Menurunkan Berat Badan
    images-2

    Hikmah lain dari rasa capek karena menggunakan tangga. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk memangkas berat badan berlebih dari seseorang. Tangga akan lebih efektif membentuk tubuh dan membakar kalori ketimbang lift, elevator atau eskalator.
  3. Dapat Meningkatkan Aktivitas Jantung
    Jantung menjadi ‘tokoh utama’ bagi kegiatan pemompaan darah dalam tubuh. Dengan menggunakan tangga, kita pun bisa meningkatkan aktivitasnya. Proses oksigenasion jadi lebih lancar dan jantung pun memeroleh banyak keuntungan. Selain jantung, organ yang lain akan lebih energik dan sehat.
  4. Dapat Menguatkan Otot
    Ketika kita terbiasa menggunakan tangga, maka dengan sendirinya otot akan semakin kuat. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, khususnya bagi kita yang ingin mengencangkan atau menguatkan otot. Bagaimanapun, modal ini begitu bagus bagi kita yang memiliki gaya hidup aktif.
  5. Gratis
    Kita bisa menapaki anak tangga tanpa harus merogoh kocek sepeser pun. Karena itu, tangga menjadi media olahraga yang gratis tapi menguntungkan. Jika ada tangga di rumah, kita bisa menyisihkan waktu sekitar 10 sampai 20 menit untuk menggunakannya. Aktivitas tersebut tetap bisa membakar kalori dan termasuk aktivitas olahraga, tanpa harus pergi ke tempat fitnes atau mengeluarkan dana untuk menyewa sebuah arena.
  6. Dapat Menjadi Aktivitas Olahraga yang Intens
    Menaiki tangga bisa menjadi opsi utama untuk aktivitas fisik yang efektif. Meski terlihat sederhana, namun olahraga bisa jadi kegiatan yang menantang. Apalagi kalau kita hendak menjadikannya sebagai rutinitas dengan durasi waktu tertentu.
  7. Menjadi Sarana Yang Aman
    Tangga memiliki risiko atau tingkat bahaya yang kecil. Apalagi jika kita terbiasa menggunakannya setiap hari, tentu sudah tak menemui ancaman yang berarti. Untuk itu bisa disimpulkan kalau tangga menjadi salah-satu media olahraga yang aman.
  8. Dapat Ditemukan dan Digunakan Dengan Mudah
    Kita tidak perlu pergi ke area tertentu atau menunggu waktu-waktu tertentu untuk mendapat manfaat dari tangga. Banyak bangunan yang menyediakan tangga. Termasuk di rumah sendiri, jalanan umum, tempat kerja, sekolah, supermarket, dsb. Tangga tidak terbatas di gelanggang olahraga atau hanya tersedia di waktu pagi saja. Tangga bisa dengan mudah dan murah untuk dimanfaatkan.
  9. Dapat Mengurangi Sakit Punggung
    Manfaat lain yang sangat bermakna bagi para pengguna tangga. Orang-orang yang mengeluhkan sakit punggung bisa memanfaatkan alat yang satu ini, secara rutin, untuk mengurangi nyerinya. Latihan sederhana ini bisa memberi efek pada otot bawah dari punggung dan abdomen. Otot pun jadi menguat dan mulai bisa membantu meredakan sakitnya.
  10. Bisa Mencegah Osteovorosis
    Osteoporosis menjadi salah-satu penyakit tulang yang progresif. Orang yang mengalami keluhan ini memiliki tulang yang kepadatannya berkurang. Jika tidak segera ditangani, maka keretakannya akan meningkat. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya untuk mengakrabkan diri dengan tangga.

 

PT. Rapi Lancar Wisesa adalah perusahaan bergerak dalam bidang produksi Tangga Alumunium dan Jemuran Alumunium dan Accecoris Tangga. Dan merupakan anak perusahan dari Hyamn Group . PT. Rapi Lancar Wisesa juga memasarkan hasil produksinya kepada distributor-distributor di seluruh indonesia

Website : http://taluxaluminium.com

Holding Company

Hyamn Grup

http://hyamn.com/

Element Tangga dan Fungsinya

talux-aluminium

aluminiunTangga tersusun atas beberapa bagian, pondasi tangga, seperti ibu tangga, anak tangga, railing, bordes, dan baluster.Untuk mendapatkan desain tangga yang aman dan nyaman, diperlukan desain yang tepat dan perlu diperhatikan mengenai bentuk dan ukurannya. Misalnya,tangga untuk bangunan tempat tinggal, tentunya berbeda dengan ukuran tangga untuk bangunan perkantoran.

Element Tangga terdiri dari ;

 

 

  1. Pondasi Tangga
    Pondasi tangga ini di buat sebagai tumpuan dasar agar lantai tidak menahan beban terpusat yang besar agar tangga tidak mengalami penurunan dan pergeseran.
  2. Ibu Tangga
    Merupakan bagian – bagian konstruksi pokok yang mendukung anak tangga yang berfungsi mengikat anak tangga.
  3. Anak Tangga
    Merupakan elemen dari tangga yang perlu perhatian cukup penting. Karena sering dilalui untuk naik turun pengguna, bahan permukaan anak tangga harus benar-benar aman, nyaman agar terhindar dari kemungkinan kecelakaan seperti terpeleset karna licin atau terlalu sempit. Anak tangga terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian horizontal (pijakan datar) dan vertical (pijakan untuk langkah naik), di buat secara menerus bersambung keatas.
  4. Railing
    Merupakan pegangan dari tangga. Material yang bisa digunakan bermacam jenis nya. Misalnya menggunakan pegangan dari bahan kayu, besi hollow bulat, baja, dll. Terkadang saya juga sering jumpai tangga yang tanpa railing, dan ini penting untuk diperhatikan, misalnya menjaga anak-anak yang ingin menaiki tangga, jangan sampai terjatuh karena tidak ada railingnya.
  5. Bordes
    Bordes biasa juga disebut Landing. Merupakan bagian dari tangga sebagai tempat beristirahat menuju arah tangga berikutnya. Bordes juga berfungsi sebagai pengubah arah tangga. Umumnya, keberadaan bordes setelah anak tangga ke 15. Kenyamanan bordes juga perlu diperhatikan, untuk lebarnya harus diusahakan sama dengan lebar tangga.
  6. Baluster
    Merupakan penyangga pegangan tangga, biasanya bentuknya mengarah vertical. Material baluster bisa terbuat dari kayu, besi, beton, juga baja. Terkadang juga saya pernah melihat material baluster menggunakan kaca.Untuk keamanan dan kenyamanan pengguna tangga, usahakan jarak antar baluster tidak terlalu jauh, terutama untuk keamanan anak kecil.ya itulah bagian bagian dari tangga yang harus kita ketahui agar jika kita mendesain tangga, tangga tersebut menjadi nyaman dan aman untuk dipergunakan

PT. Rapi Lancar Wisesa adalah perusahaan bergerak dalam bidang produksi Tangga Alumunium dan Jemuran Alumunium dan Accecoris Tangga. Dan merupakan anak perusahan dari Hyamn Group . PT. Rapi Lancar Wisesa juga memasarkan hasil produksinya kepada distributor-distributor di seluruh indonesia.

Website : http://taluxaluminium.com

Holding Company

Hyamn Grup

http://hyamn.com

Manfaatnya Logam Aluminium dan Tembaga

logam aluminium

aluminiumbekasi

 

Manfaat logam aluminium dan tembaga mempunyai banyak manfaatnya tanpa kita sadari dewasa ini. Semua benda di sekitar kita mempunyai banyak manfaatnya kali ini penulis kan mencoba memulis tentang manfaat logam aluminium dan tembaga.

Aluminium adalah logam yang paling banyak terdapat di kerak bumi, dan unsur ketiga terbanyak setelah oksigen dan silikon. Aluminium terdapat di kerak bumi  dengan produksi tahunan dunia sekitar 30 juta ton pertahun dalam bentuk bauksit dan bebatuan lain. Sulit menemukan aluminium murni di alam karena aluminium merupakan logam yang cukup reaktif.

Sedangkan tembaga di alam tidak begitu melimpah dan ditemukan dalam bentuk bebas maupun dalam bentuk senyawaan. Tetapi tembaga merupakan salah satu logam yang sangat penting dan berperan besar dalam sejarah manusia dan termasuk logam yang pertama kali ditambang.

Aluminium tahan terhadap korosi.  Aluminium murni adalah logam yang lunak, tahan lama, ringan, dan dapat ditempa dengan penampilan luar bervariasi antara keperakan hingga abu-abu, tergantung kekasaran permukaannya. “Aluminium digunakan dalam banyak hal. Kebanyakan darinya digunakan dalam kabel bertegangan tinggi. Juga secara luas digunakan dalam bingkai jendela dan badan pesawat terbang. Ditemukan di rumah sebagai panci, botol minuman ringan, tutup botol susu dsb. Aluminium juga digunakan untuk melapisi lampu mobil”.Aluminium adalah logam unsur kimia berlimpah yang secara luas digunakan di seluruh dunia untuk berbagai produk. Banyak konsumen berinteraksi dengan beberapa bentuk itu setiap hari, terutama jika mereka aktif di dapur

 

Tanpa disadari kegunaan aluminium dekat dengan kebutuhan sehari-hari dalam bentuk apa pun itu aluminium berkontribusi besar. Inovasi dari Aluminium dan perkembangan aluminium mempermudah aktivitas dalam semua bidang apapun yang sudash dijelaskan diatas tadi.

 

Tembaga murni berwarna kuning kemerahan, relatif lunak, mudah dibengkokkan, dapat dibuat lembaran-lembaran tipis, serta penghantar panas dan listrik yang baik. Penggunaan tembaga terbesar adalah untuk kabel listrik, atap dan perpipaan dan mesin industri.  Tembaga yang telah dicampurkan dengan senyawa lain dapat menjadi alat penghantar panas. Dan Tembaga semacam ini mudah kita temui di toko – toko listrik. Bila yang pernah belajar elektronika, pasti pernah menggunakan alat ini untuk menghantarkan panas dengan cara dilelehkan. Kemudian pembuat uang logam. Uang memang menjadi benda yang selalu kita butuhkan. Uang logam memiliki banyak nilai dan jenis di seluruh dunia. Tembaga menjadi salah satu bahan di mana uang logam tersebut terbentuk

Aluminium juga merupakan konduktor panas dan elektrik yang baik. Jika dibandingkan dengan massanya, aluminium memiliki keunggulan dibandingkan dengan tembaga,  yang saat ini merupakan logam konduktor panas dan listrik yang cukup baik, namun cukup berat.

Demikian juga dengan tembaga, “Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Selain itu unsur ini memiliki korosi yang cepat sekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu”.

Aluminium murni 100% tidak memiliki kandungan unsur apapun selain aluminium itu sendiri, namun aluminium murni yang dijual di pasaran tidak pernah mengandung 100% aluminium, melainkan selalu ada pengotor yang terkandung di dalamnya. Pengotor yang mungkin berada di dalam aluminium murni biasanya adalah gelembung gas di dalam yang masuk akibat proses peleburan dan pendinginan/pengecoran yang tidak sempurna, material cetakan akibat kualitas cetakan yang tidak baik, atau pengotor lainnya akibat kualitas bahan baku yang tidak baik (misalnya pada proses daur ulang aluminium). Umumnya, aluminium murni yang dijual di pasaran adalah aluminium murni 99%, misalnya aluminium foil.

Demikin akhir kata penulis semoga artikel bisa membantu

PT. Rapi Lancar Wisesa adalah perusahaan bergerak dalam bidang produksi Tangga Alumunium dan Jemuran Alumunium dan Accecoris Tangga. Dan merupakan anak perusahan dari Hyamn Group . PT. Rapi Lancar Wisesa juga memasarkan hasil produksinya kepada distributor-distributor di seluruh indonesia.

Website : http://taluxaluminium.com

Holding Company

Hyamn Grup

http://hyamn.com/